Harga Barang dan Jasa di Negara Kesatuan Republik Indonesia

Di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, negara (pemerintah) memang masih ikut campur dalam banyak aspek kehidupan rakyat, termasuk menyangkut harga-harga. Di negeri tercinta ini harga berbagai barang dan jasa ditentukan pemerintah. Sebagian harga dikatakan sengaja harus diatur pemerintah karena masih disubsidi seperti bahan bakar minyak tetapi cukup banyak harga yang ternyata malah menjadi lebih mahal karena kemungkinan pemerintah mengambil keuntungan juga.

Kenyataan terakhir ini antara lain dapat diketahui dari keberadaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT/Persero). Semua PT didirikan dalam rangka meraih keuntungan. Sayangnya, kebanyakan PT BUMN itu justru menjadikan rakyat Indonesia sebagai lahan atau sumber keuntungan.

Sampai saat ini memang belum ada negara yang sama sekali melepaskan diri dari atau tidak ikut campur dalam kehidupan (pribadi) rakyat. Campur tangan negara, dalam banyak situasi dan kondisi bahkan sangat dibutuhkan. Akan tetapi, dalam situasi dan kondisi tertentu negara harus berani untuk tidak ikut campur sehingga rakyat leluasa mengatur dirinya sendiri. Untuk itu negara harus melatih rakyat untuk mampu mengatur dirinya.

Bersambung…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s