Sisi Lain Pemilihan Umum di Indonesia

Saat ini sudah merupakan masa kampanye Pemilihan Umum yang akan diselenggarakan di Indonesia pada tahun 2009 (Pemilu 2009). Patut disayangkan, paling tidak menurut pengamatan sepintas saya dalam perjalanan ke berbagai tempat di Indonesia, kampanye itu hanya berupa spanduk, baliho, poster, kartu nama, dan benda-benda semacam itu (alat kampanye).

Sangat sedikit, kalau tidak mau dikatakan tidak ada sama sekali, aktivitas dari para calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dan Presiden yang menunjukkan kelayakan mereka untuk dipilih. Dugaan sementara saya, pada Pemilu 2009 keputusan seseorang untuk memilih atau tidak memilih partai atau calon tertentu belum akan berdasarkan pertimbangan kemampuan melainkan emosional belaka.

Kenyataan yang menarik tetapi perlu dicermati dalam beberapa pemilihan kepala daerah adalah kemenangan orang yang “terkenal”. Pemilih cenderung memilih orang-orang yang dikenal tanpa terlalu memperhatikan kemampuan calon yang berkaitan dengan tugas dan wewenang sebagai kepala daerah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s