Sisi Lain Pengadilan: Keterangan Ahli, Saksi, …

Saya bersyukur pernah beberapa kali hadir di pengadilan untuk memberikan keterangan ahli. Keterangan ahli yang saya kemukakan bukanlah dalam rangka membenarkan pendapat seseorang, sekelompok orang, atau pihak tertentu melainkan sekedar menyampaikan pandangan objektif ilmu pengetahuan khususnya ilmu hukum.

Demikian juga keterangan yang disampaikan seorang saksi tidak dapat dikatakan dalam rangka mendukung pendapat tertentu atau membenarkan pendapat tertentu sebab saksi hanya menyampaikan yang dilihat, didengar, atau dialami sendiri. Oleh karena itu, sungguh disayangkan jika ada saksi yang memberikan keterangan berbeda dengan pendapat kita atau pendapat orang lain lantas dengan mudah dikatakan berbohong. Terlebih jika pernyataan bahwa saksi telah berbohong disampaikan orang-orang yang jelas-jelas tidak menyaksikan sesuatu peristiwa itu.

 

2 pemikiran pada “Sisi Lain Pengadilan: Keterangan Ahli, Saksi, …

  1. Surat untuk sahli ahli, apa maksud anda surat permohonan untuk memberikan keterangan ahli? Surat itu berisi permohonan untuk memberukan keterangan ahli. Surat itu bisa ditujukan kepada pimpinan ahli yang bersangkutan, misal pimpinan perguruan tinggi. Dalam surat itu dapat saja sudah disebutkan nama ahli atau diberikan keleluasaan kepada pimpinan perguruan tinggi untuk memilihkan yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga jawaban ini cukup memuaskan. Terima kasih.

  2. mohon maaf pak saya mau bertanya kalau surat untuk saksi ahli bentuknya dan isinya seperti apa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s